Rabu, 08 Oktober 2014

Tata Cara Mandi Wajib/ Besar/ Junub Lengkap dengan Bacaan Niat

Tata Cara Mandi Wajib/ Besar Lengkap dengan Niat dan Doa. Repotnya kalau masih bujangan, tinggal sama orang tua. kamar mandi masih digunain bersama. Pas malamnya mimpi ketemu si eneng kesayangan. Ya, gimana lagi, kalau ngelakuin hal yang dilarang secara langsung khan dosa, jadi udah aja lewat mimpi, walau kenyataannya jarang sekali mimpi bisa sama pacar sendiri, malah sering sama selebritis cantik Tanah Air wkwkwk. Kalau udah meletus, sebelum subuh harus sudah mandi besar untuk mensyucikan diri, karena akan melakukan Sholat Subuh. Tapi malunya diri ini sama orang tua.

"Subuh subuh mandi hayyooo.. habis apa hayyooo, mimpi appa hayyoo...?"

Mimpi Basah

Siapa yang gak pernah mimpi basah? kalau gak pernah berarti sobat tidak normal. Saya sendiri gak tau teory kenapa sampai terjadi mimpi basah. Yang pasti Mimpi basah pasti dialami oleh siapa saja, termasuk kaum hawa. Dan kejadiannya rata-rata menjelang waktu subuh, mulai dari jam 2 dini hari. Itu sih yang gue inget aja ya.

Mungkin, kata orang, produksi sperma dalam Zigot sudah terlalu menumpuk dan banyak hingga akhirnya si calon anak tersebut harus dikeluarkan. Allah SWT memberikan cara yang cukup nikmat yakni dikirimkannya seorang bidadari cantik ke kita agar kita bisa melakukan hubungan layaknya suami istri, dalam tanda kutip, Di MIMPI. hasilnya, sperma tersebut keluar membasahi celana kita, dan kita pun lemes terkulai karena dihisap oleh bidadari tersebut. Makanya, begitu Adil dan mengertinya Allah SWT, tetapi kita sering kali ingkar dan sering melampiaskannya ke si Citra (merek Handbody) atau ke sabun dettol, DOSA LOH!!.

bacaan niat mandi wajib da tata caranya

Apakah hanya orang yang mimpi basah saja yang diharuskan mandi Wajib??? Tentu tidak, berikut penjelasannya:

Hal-hal yang mewajibkan kita untuk mandi junub/Mandi Wajib/Mandi Besar

1. Keluar mani karena syahwat. banyak ulama yang berpendapat mandi junub diwajibkan apabila keluarnya mani secara memancar dan terasa nikmat ketika keluarnya terasa nikmat. Jadi apabila keluarnya karena sakit atau kedinginan tidak diwajibkan mandi junub. Tetapi untuk mencari aman sebaiknya mandi junub apabila keluar mani dalam keadaan apapun.

2. Jika bangun tidur dan mendapati keluarnya mani. Ulama berpendapat bahwa selama kita bangun dan mendapati adanya mani, maka kita wajib mandi, walaupun kita tidak sadar atau lupa telah mimpi basah atau tidak

3. Setelah bertemunya dua kemaluan walaupun tidak keluar mani.

4. Ketika masuk Islam menjadi muallaf.

5. Setelah berhentinya darah haidth dan nifas.

6. Ketika seorang muslim meninggal dunia. Tentu saja yang memandikannya adalah yang orang yang masih hidup. Mayat muslim wajib dimandikan kecuali jika ia meninggal karena gugur di medan perang ketika berhadapan dengan orang kafir.

7. Ketika bayi meninggal karena keguguran dan sudah memiliki ruh.

Bacaan Niat Mandi Wajib/Mandi besar

Mandi besar atau mandi wajib, Namanya wajib, maka habis sobat orgasme mau tidak mau harus mandi besar. kalau gak mandi besar maka setiap ibadah kita tidak akan sah. Mandi besar gak ada bedanya dengan mandi biasa, bedanya ada pada niat dan doanya saja.

Bacaan niat Mandi Wajib karena mimpi basah atau habis bersenggama:
BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL JANABATI FARDLON LILLAHI TA’ALA
Artiya: Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta’ala

Bacaan niat Mandi Wajib karena habis Haid
BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL HAIDI FARDLON LILLAHI TA’ALA
 Artinya Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari haidl, fardlu karena Allah Ta’ala

Bacaan Niat Mandi Wajib karena Nifas.
BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITU GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAN NIFASI FARDLON LILLAHI TA’ALA
Artinya Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta’ala

Tata Cara Mandi Wajib

Mandi wajib tidak asal gejebur doang, basahin badan. atau kita sering menggunakan shampo sebagai ciri Khas. Tetapi ada tata caranya yang harus sobat lakuin. Berikut Tata cara mandi wajib:

Disunnahkan untuk melaksanakan mandi besar junub jinabat itu dengan tertib seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa aalihi wasallam.

Diriwayatkan Oleh Sheikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairiy
  • Mandi wajib dimulai dengan mengucapkan bismillah, dan berniat untuk menghilangkan hadast besar,
  • Membersihkan kedua telapak tangannya tiga kali, kemudian bercebok.
  • Membersihkan kemaluannya, dan kotoran yang ada di sekitarnya.
  • Berwudhu seperti halnya orang yang berwudhu hendak shalat, kecuali kedua kakinya. Namun boleh membersikan kedua kakinya ketika berwudhu atau mengakhirkannya sampa selesai mandi.
  • Mencelupkan kedua telapak tangannya ke dalam air, lalu menyela-nyela pangkal rambut kepalanya dengan kedua telapak tangannya itu kemudian membersihkan kepalanya dan kedua telinganya tiga kali dengan tiga cidukan.
HR At-TIrmidzi Menyela pangkal rambut hanya khusus bagi laki-laki. Bagi perempuan, cukup dengan mengguyurkan pada kepalanya tiga kali guyuran, dan menggosoknya, tapi jangan mengurai membuka rambutnya yang dikepang, karena ada hadist yand diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dari Ummu Salamah yang bertanya kepada Rasulullah, Aku bertanya, wahai Rasulullah! Sesungguhnya aku ini perempuan yang sangat kuat jalinan rambut kepalanya, apakah aku boleh mengurainya ketika mandi junub (mandi besar)? Maka Rasulullah menjawab, Jangan, sebetulnya cukup bagimu mengguyurkan air pada kepalamu tiga kali guyuran.

Mengguyur tubuhnya yang sebelah kanan dengan air, membersihkannya dari atas sampai ke bawah, kemudian bagian yang kiri seperti itu juga berturut-turut sambil membersihkan bagian-bagian yang tersembunyi pusar, bawah ketiak, lutut, dan lainnya, dan diriwatkan Dari Ali bin Abi Thalib, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa aalihi wasallam telah bersabda:

Barangsiapa yang meningggalkan bagian tubuh yang harus dialiri air dalam mandi janabat walaupun satu rambut untuk tidak dibasuh dengan air mandi itu, maka akan diperlakukan kepadanya demikian dan demikian dari api neraka “. HR. Abu Dawud

Seorang Wanita Tidak Harus Melepas Jalinan atau Kepangan Rambutnya
cara mandi wajib“Ya Rasulullah, aku adalah wanita yang SANGAT KUAT kepangan/jalinan rambutku, apakah aku harus melepaskannya saat mandi janabah?” Beliau menjawab: “Tidak perlu, namun cukup bagimu untuk menuangkan air tiga tuangan ke atas kepalamu, kemudian engkau curahkan air ke tubuhmu, maka engkau suci.”  HR. Muslim no. 330

Boleh Mandi Hanya Sekali Setelah Men-jima’i Beberapa Istri
Anas bin Malik radiyallahu anhu berkata: “Adalah Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam mengelilingi istri-istrinya (menjima’i mereka secara bergantian -pent.) dengan satu kali mandi.”  HR. Muslim no. 706 dan mandinya disini dilakukan ketika selesai jima yang akhir.

Selain Mandi Wajib ada juga Mandi Sunat yang bisa sobat lakuin sehari-hari, diantaranya:
MANDI SUNAT
  • - Mandi ketika hendak Sholat Jumat.
  • - Mandi ketika hendak Sholat Idul Fitri.
  • - Mandi ketika hendak Sholat Idul Adha.
  • - Mandi setelah sembuh dari penyakit gila.
  • - Mandi ketika hendak melaksanakan ihram haji atau umrah.
  • - Mandi setelah memandikan mayat.
  • - Mandi seorang kafir setelah masuk islam.
Demikian uraian mengenai Tata cara Mandi Wajib atau mandi besar lengkap dengan niat dan doanya. Yuk, jangan ragu lagi kalau yang masih bujangan kayak saya, jangan malu untuk mandi subuh-subuh, apalagi mandi wajib. Masa, mau ninggalin Sholat Subuh?? Jangan pernah Ninggalin Sholat Wajib!

Tata Cara Mandi Wajib/ Besar/ Junub Lengkap dengan Bacaan Niat Rating: 4.5 Posted By: Yeni Irawan

0 comments: