Sabtu, 13 September 2014

Beda Makan Harga Rp.5000 dan Rp.18.000

Kemarin gue habis menempuh perjalanan lumayan Jauh yakni dari Bandung menuju Kota Ciamis. Yap, rumah gue di Bandung, males banget rasanya kalau harus pergi ninggalin rumah apalagi ninggalin seseorang yang lagi manis-manisnya di rumah. Di Ciamis gue biasa lah nyari sesuap nasi buat makan plus biaya kawin nantinya, amin.

Dari Bandung gue brangkat pukul 9 Pagi dan lumayan gak begitu berebut Bis karena pada saat itu ada dua Bis jurusan Bandung-Pangandaran lagi parkir. Gue langsung aja menuju Bis yang paling depan, gak begitu padat sih, lumayan gak pengap. Gue duduk dibaris kedua dari depan dengan seorang pemuda. Hyahhh, Knp gak sama cewek cantik aja ya? hehe.


Singkat cerita, depan gue ada bapak-bapak lumayan udah tua, pakai baju lusuh kemeja putih dengan clana panjang, dia gak bawa apa-apa. Hmm, kalau liat kakek  itu gue inget sama Almarhum "Abah" (Kakek). Yupz, liat bapak-bapak itu rasanya kasian, udah tua truz masih aja jalan-jalan.

Dalam perjalanan banyak pedagang yang nawarin jajanannya, ada tukang anggur yang awalnya dijual dengan harga 15.000/pak hingga turun jadi 4000/pak. kemudian tukang jeruk yang nawarin harga makin lama makin turun juga. Pokoknya kalau naek bis Budiman Bandung-Pangandaran, nemu pedagang kayak gitu, jangan dulu beli, tunggu aja sampai harganya bener2 murah gak masuk akal hehe.

Nah, si Kakek setiap kali ditawarin jajanan dagangan tadi, si kakek dengan pede nya bilang, "aduh, Udah tua, udah gak bisa gigit anggur", atau alasan apalah asal yang penting gak beli. Tapi gue sepanjang jalan merhatiin si kakek, dia kerap kali ngelihat dagangan anggur sama jeruk atau dagangan lainnya, karena si pedagang memang selalu mulai dari depan dan lama diemnya. Mungkin si kakek pengen juga, cuman gak cukup uang, atau lagi ngirit. Sama kayak gue kali haha.

Gue bukannya gak mau beli, cuman males bawanya kalau bawa jeruk 2 atau 3 kilo. ribet ah. kembali ke si kakek, gue sempet mikir, kayaknya si kakek tuh pengeenn banget beli jajanan buah-buahan tadi, mungkin si kakek lagi gak punya duit atau lagi ngirit. dan firasat gue kayaknya si kakek mau mudik ke Banjar. dan memang bener, si kakek ternyata kerja di Bandung dan rencana mudik nemuin istri, cucu dan anak2nya di Banjar. Gue denger karena ada yang nanya didepan. Pokoknya kasian banget deh liatnya.

Duhhh, laper banget nih. Padahal udah lewat Malangbong, biasanya kan di Malangbong suka berenti dirumah makan. Tapi ko ini malah lewat ya? Hoalahhh, lapernya minta ampun, dari rumah tadi gak makan lagi. Hmm, kalau Lewat Malangbong gue suka Inget sama si Teteh Cantik. Sombong ih hayooo sekarang mah kamu gitu ya. :D

Mungkin kalau gak berenti di Rumah Makan Malangbong, Ntar di Rumah Makan Pananjung bis ny abakal berenti. Yippyyy, bener aja, Bis berenti disana, gue pun langsung meluncur ke perasmanan. Ehhh, ternyata si kakek ngikut dari belakang. Yo wiss, kita makan bareng kek. Gue duluan ngambil Nasi, habis itu langsung Sayur Asem kesukaan, si kakek juga ngambil nasi tapi dia masih nunggu gue nih kayaknya gue ngalangin jalannya. Ya, kan milih-milih dulu Kek, habis sayur asem, langsung tumis tempe. Ehhh, si kakek lewat nyalip gue begitu aja, apa gak mau sayur asemnya?. Ah Biarin aja.

Nah, Gue ambil apalagi ya? Ayam Goreng ngambil sayap dada. Sambel, timun, Ahh lengkap deh. Laperr banget. Habis itu gue mau bayar, eh masih ada si kakek yang masih depan gue, dan Tau kah sobat sekalian, si kakek cuman Ngambil Sambel aja. Ya, dia cuman ngambil Nasi Putih dan Sambel. Hiks. Pas mau bayar, piring kita berjejer di meja kasir.

Sungguh sedih rasanya hati ini ketika melihat perbedaan isi dua piring yang begitu jauh. piring punya gue penuh dengan lauk-pauk, tapi yang si kakek cuman Nasi Putih dan Sambel doang. Punya si kakek cuman 5000 rupiah dan dia ngasih uang pas 5000. sementara gue Rp.18.000. Gue pengen banget nawarin si kakek untuk ambil semua lauk pauk yang kakek suka dan tersedia di pramsaman. Tapi gue gak berani bilang ke si kakek, takut merendahkan dirinya. Gue malu juga dengan perbedaan isi piring itu.

Gue bener-bener kepikiran sepanjang makan, yang tadinya laperrr banget, jadi ngedadak kenyang. Gue duduk berlainan meja, sesekali gue lirik si kakek lagi makan, makannya bener-bener lahap banget, gue tau si kakek pasti laper, sementara aduuhh, gue gak enak makan. Benet-bener gak enak makan.

Selai makan, kita langsung keluar ruangan dan menunggu Bis kembali berangkat. Gue pengen banget deketin si kakek dan ngasih sesuatu, tapi gak bisa seperti itu kan. Gue terus merhatiin si kakek yang duduk jongkok di samping Bis sambil ngerokok, Ya ampun kek, ngapain jongkok, Kan banyak kursi yang kosong. Sesekali si kakek liatin toko oleh-oleh. pikir ku, mungkin si kakek pengen beli oleh-oleh buat dibawa kerumahnya, tapi dia keliatan masih mikir dan ragu-ragu.

Udah beberapa lama kemudian, si Kakek langsung menuju Toko tersebut, dia sesekali nanyain harga masing2 produk yang kebanyakan dodol. Sesekali juga sambil tersenyum ketawa lembut. Mungkin harganya terlalu mahal. Gue lihat dia mikir dulu sejenak hingga akhirnya memutuskan untuk membeli salah satu produk dodol. Gue gak tau berapa banyak yang dia beli, cuman pas gue liat, dodolnya cuman masuk ke kantong kersek hitam kemudian bisa dia gulung-gulung dan genggam. Ya ampun kakekk..

Sepanjang perjalanan gue liatin si kakek yang sambil menggenggam Dodol dalam kresek hitamnya. Gue gak bisa berbuat sesuatu, hanya penuh tanya dalam hati.

Gue berdoa, dan kita Berdoa,"Semoga si kakek dan keluarganya mendapatkan banyak rejeki dan kebahagiaan diakhir hayatnya. semoga si kakek selalu ada dalam Lindungan Allah SWT, Amin" Al-fatihah.

Yah, gue hanya bisa liat saja. Dan lumayan sedih, kepikiran sampe sekarang..

Beda Makan Harga Rp.5000 dan Rp.18.000 Rating: 4.5 Posted By: Yeni Irawan

0 comments: